Selasa, 15 Januari 2013

Bangun Pagi

Masih ingat dengan tulisan saya tentang “langkah Kecil”? jika belum silahkan baca dulu sebelum membaca artikel ini, tapi kalau tidak mau lanjutin baca aja, dari pada langsung kabur tidak jadi baca, hehehe. Iya salah satu cara kita untuk memulai langkah kecil di pagi hari dengan bangun pagi. Kali ini saya akan sedikit bercerita tentang bangun pagi, dan perlu diketahui bangun pagi termasuk dalam resolusi saya di Tahun 2013 untuk selalu bangun pagi meski tidak ada kuliah pagi, karena harus saya akui, bahwa sebelum-sebelumnya saya sangat sulit bangun pagi, bukan berarti saya melewatkan sholat shubuh lho ya, karena meski saya sedikit malas bangun pagi namun saya masih waras bahwa sholat subuh itu wajib hukumnya (maklum dulu waktu kecil pernah TPA juga).
Dan kali ini saya akan sedikit bercerita tentang bangun pagi,di masalah adalah sehabis sholat shubuh saya melanjutkan mimpi yang tertunda (baca: tidur lagi) jangan ditanya dulu apa manfaatnya bangun pagi, tapi coba lakuin aja dulu kemudian rasakan sendiri manfaatnya. Yang jelas manfaatnya yang saya rasakan adalah saya tidak pernah telat jika ada kuliah pagi. Untuk masalah kesehatan tanyakan langsung  pada ahli kesehatan saja lebih jelasnya.hehehehe dari pada saya jawab asal nanti malah menyesatkan.
Ketika orang malas untuk bangun pagi, apa yang biasa mereka katakana? Iya mereka sering beralasan “Buat apa bangun pagi, hari ini kan saya tidak ada kuliah pagi” atau “ketika saya bangun pagi saya bingung mau ngapain, mending tidur lagi aja” dan ada yang lebih gila lagi jika ditanya orang tua mengapa tidak pernah bangun pagi dan bangunnya siang terus, mereka dengan santainya menjawab “Saya bangun siang karena saya lagi belajar jadi boss karena boss itu berangkatnya siang dan sebagai bos tidak ada kata selamat pagi, yang ada selamat siang” hehehehe, tapi perlu diketahui juga meski seorang Boss itu datang ke kantornya siang, bukan berarti pula dia bangunnya siang juga lho. Seorang boss bangunnya pagi, lebih pagi malahan, karena sebagai seorang boss sudah terbiasa mendisiplinkan diri,  kamu percaya jika ada seorang boss dulunya orang yang malas seperti kita ini? Tidak mungkin, meski dia anak penguasaha sekalipun, karena tidak ada seorang pengusaha yang mau mewarisi perusahaannya kepada anaknya yang malas. Soalnya seorang pengusaha tidak mau bisnis yang dibangunnya hancur ditangan orang lain termasuk ditangan anaknya sendiri. 
Sebagai seorang muslim memang sudah seharusnya untuk bangun pagi, karena salah satu sholat wajib yaitu sholat shubuh dilakukan pada pagi hari jadi tidak ada alasan seorang muslim untuk bangun siang, kalau siang bukan sholat shubuh lagi namanya, akan tetapi sholat dhuha. Paling tidak sholat shubuhnya dulu dikerjakan masalah nanti habis sholat shubuh tidur lagi itu bukan masalah, namun harus dibiasakan untuk tidak tidur lagi. Untuk memulai suatu kebiasan memang pada mulanya agak sulit, namun itu hanya belum terbiasa saja, lama-lama kalau sudah terbiasa dan akan menjadi kebiasaan.
Pengalaman pribadi saya, dulu memang saya sulit untuk bangun pagi, saya bangun pagi hanya melakukan sholat shubuh sehabis itu saya tidur lagi. namun sekarang saya sudah menjadi biasa untuk bangun pagi, dan perlu dicatat saya bangun tepat sebelum alarm HP saya berbunyi. Kemudian bagaimana saya menjadi rajin bangun pagi? Untuk kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman saya bagaimana cara saya yang dulunya malas bangun pagi hingga sekarang menjadi rajin bangun pagi, bukan rajin juga sih, akan tetapi setidaknya agak lebih rajin dari pada yang dulu. Dan ada beberapa cara untuk menjadi terbiasa bangun pagi. Untuk lebih jelasnya lanjutkan membaca artikel ini.
Pertama, sebelum tidur niatin dulu kalau besok kita harus bangun pagi sambil setting alarm karena dengan begitu akan masuk ke alam bawah sadar kita. Jadi tidak heran jika kita akan terbangun dengan sendirinya tepat sebelum alarm kita berbunyi.   saya membuat alarm pada kedua HP saya, dan dari kedua HP itu jarak alarm hanya 5 menit dan saya taruh jauh dari tempat tidur , lebih tepatnya di atas meja, sehingga ketika alarm berbunyi saya akan bangun dari tempat tidur Saya membuat alarm sekita jam 03.30. Kenapa jam segitu? Karena dengan begitu saya masih punya waktu untuk sholat tahajud dan sholat witir. Untuk menunggu sholat subuh saya baca-baca Al-quran. Setelah terdengar adzan shubuh baru ke masjid buat sholat subuh. Ow iya sebelum sebelum berangkat ke masjid alangkah baiknya jika kita sholat fajar terlebih dahulu, kenapa tidak di masjid sekalian aja? Ingat bahwa sebaik-baiknya sholat sunah itu dikerjakan dirumah namun demikian bukan berarti tidak boleh di masjid lho. Dan dalam hadist Nabi pernah diriwayatkan bahwa sholat fajar dua rekaat sebelum shubuh itu lebih baik dari pada dunia dan seisinya, pengen nggak? Makanya bangun pagi terus biar bisa sholat Tahajud, Witir, Fajar dan Shubuh berjamaah, Mantabs pokoknya. Kembali lagi ke tema kita, dengan melakukan aktifitas tersebut kita tidak akan mengantuk lagi karena sudah banyak hal yang kita lakukan.
Kedua, berusahalah untuk tidur lebih awal, karena dengan begitu bangun pagi tidak akan mengurangi kuantititas tidur kita. Dengan kata lain tidur lebih awal, bangunnya juga lebih awal. Secara matematika tidur yang paling baik buat manusia adalak sekitar 8 jam sudah termasuk tidur siang. Nah baru deh kita hitung mundur,misalnya kita akan bangun pagi jam 03.30  pagi, berarti kita harus tidur sekitar  jam 21.00, agar kuantitas tidur kita menjadi sekitar 8 jam maka ditambah lagi tidur siang.
Ketiga, jika masih mengantuk setelah melakukan aktifitas mending mandi pagi aja, banyak mereka yang beralasan males mandi pagi cuma gara-gara dingin, perlu diketahui dingin itu cuma pada awalnya setelah siraman air ketiga tubuh sudah terbiasa, tidak percaya? Coba aja deh.  Selain itu mandi pagi juga menyehatkan lho, bayangkan kesegarannya jika pagi-pagi sudah mandi dan badan terasa segar ditambah lagi kesegaran udara di pagi, karena udara di pagi hari adalah udara yang paling bagus buat pernapasan, maklum belum banyak polusi. Dan saya juga pernah mendengar salah satu kajian dari Usatdz yang menerangkan bahwa Nabi SAW mandi sore ketika matahari sebelum terbenam dan  mandi pagi sebelum matahri terbit. Dan percaya aja deh apa yang dicontohkan Nabi SAW jangan ditanya lagi manfaatnya, langsung lakukan dan rasakan manfaatnya.
Keempat, jika kita adalah anak kos seperti saya ini, mungkin kegiatan tidak sebanyak anak rumahan, meski demikian cari kegiatan untuk mengisi pagi kita dengan hal positif, misalnya dengan bersih-bersih kamar dan merapikan kamar, nyetrika baju, kemudian nyalain computer buat nyicil tugas kuliah atau online buat nulis diblog atau sekedar buka jejaring social. Dan perlu diketahui jika kita membuka jejaring social di pagi hari itu tidak seperti dimalam hari karena pagi hari jejaring social masih sepi dan hal itu membuat kita tidak akan berlama-lama asyik dijejaring social.
Keempat cara tersebut membuat saya yang dulunya malas bangun pagi menjadi tidak lagi malas dan sampai sekarang masih melakukan  cara-cara tersebut, tentu saja agar diri saya lebih terbiasa lagi untuk bangun pagi.
Sebagai penutup, saya tidak henti-hentinya untuk berkata bahwa disini saya hanya sekedar berbagi dan tidak bermaksud untuk menggurui, karena saya sadar bahwa saya masih banyak kekurangan dan masih perlu banyak belajar, namun tidak ada salahnya jika saya mengajak kalian semua yang sempat membaca tulisan saya ini untuk sama-sama belajar yaitu bersemangat menjalani hidup dengan mengawalinya dengan bangun pagi. Sebuah langkah yang sederhana namun itu adalah bukti bahwa kita memiliki semangat yang luar biasa untuk memulai hari ini. Mari kita semua tunjukan kepada dunia bahwa kita bersemagat untuk menjalani hidup ini dengan mengawalinya yaitu dengan bangun pagi. Sekian dari saya semoga bermanfaat

(Oleh Riki Sholikin Twitter @Rickyyy_23)