Selasa, 17 Desember 2013

Fanatik


Sabtu 14 desember 2013, dikampusku ada sebuah acara yang sangat bagus. Iya acara mata najwa yang sering nongol di metro tv setiap hari rabu jam 21.30. Dan pada metro tv on campus kali kampusku sebagai kampus yang terakhir dikunjungi. Jauh-jauh hari sudah banyak peserta yang sangat antusias, termasuk saya sendiri J. Pada metro tv on campus ini ada sekitar 3 acara yang diselenggerakan yaitu open mic, pelatihan jurnalistis, dan talk show mata najwa on stage. Dari ketiga acara tersebut hanya mata najwa yang membuat saya sangat antusias. Acara mata najwa adalah sebuah acara yang bagus tidak heran pihak metro tv menjadi talk show mata najwa on stage sebagai acara penutup dengan jumlah peserta sekitar tujuh ribu peserta sehingga diluar auditorium juga disulap sedemikian rupa hingga mampu untuk menampung jumlah peserta.

Iseng-iseng saya mengirim email untuk mendaftar sebagai peserta, dan Alhamdulillah email saya dibalas dan nomor tiket saya masih dalam seratus pertama sehingga berhak mendapatkan fasilitas yang diberikan oleh panitia.

Pagi menjelang siang, saya melihat pengumunan di fans pagenya metro tv on campus yaitu mocuns2013, ada pengumunan bahwa open gates pukul 12.00 dan registrasi dibuka sekitar pukul 11.00. dan saya baru niat mau dateng sekitar jam 10.30.  Padahal saya sebenarnya sedikit malas untuk dateng ke acaranya karena saya sudah dapat informasi bahwa pesertanya sudah bejubel sangat banyak. Saya sarapan (maklum saya tidak mainstream yang dibela-belain tidak sarapan demi dateng diawal) kemudian langsung ke auditorium kampus.

Sesampai dikampus, saya langsung parkir dan melihat antrian peserta yang sangat banyak. Pada waktu saya datang sekitar pukul 10.45, panjang antrian sudah sekitar 200 meter belum lagi antrian yang OTS atau on the spot. Berhubung saya warga Negara yang baik (halah) saya langsung masuk antrian dengan tidak curang menyelinap kedepan meski ada teman saya yang sudah didepan. Saya tetap antri karena bagaimana pun juga tetap saling menghargai sesama pengantri.

Ada pemandangan yang aneh, aneh bukan karena pemandangan semacam penampakan atau yang lainya yang berbau mistis, tapi untuk kali pertama saya mau antri demi sesuatu yang hanya kesukaan semata, dan biasanya saya malas untuk hal-hal semacam ini. Kemudian saya jadi berpikir apa ini sebenarnya yang dialami oleh remaja-remaja ABG yang lagi ngefans sama artis tertentu semacam girlband atau boyband korea atau artis lainnya, sehingga mereka rela mengeluarkan uang lebih bahkan rela bangun pagi-pagi terus dibela-belain tidak sarapan biar datang lebih awal. Dan sampai saya menulis ini saya masih berpikir apa yang sebenarnya mereka alami? Apa motif mereka?

Dan perlu diketahui pada saat acara MOCUNS2013 talk show mata najwa on stage open gate jam 12.00. Pada saat antrian masih panjang terdengar adzan dhuhur, apa yang terjadi? tak ada satupun (yang aku lihat) tergerak hatinya untuk meningalkan antrian kemudian menuju masjid mendirikan sholat (termasuk saya sendiri J). Yang ada hanya suara-suara kecil yang mengatakan sholatnya nanti saja pas uda dapet kursi, atau sholatnya dijamak sekalian ama sholat ashar, bahkan ada juga yang berpikir untuk hari ini sholatnya libur, bagi perempuan bisa saja mereka libur kemudian bagi cowok? (belum baligh mungkin bisa juga ding J).

Meski ada sedikit dalam hati saya untuk menjamak saja sholat dhuhur tapi alhamdulillah Tuhan telah mengirim malaikatnya kepada saya (wuidih PD banget) dengan menyuruh salah satu teman saya mengajak untuk sholat di mushola di gedung rektorat.

Sampai di mushola yang kecil itu ada banyak manusia yang ingat kepada Tuhannya, mushola ampe tidak muat dan harus sholat secara bergantian, bahkan ada yang sholat dibagian lobi rektorat yang kebetulan lantainya  bersih. Setelah itu saya langsung menuju ke auditorium lagi untuk melihat mata najwa on stage.

Acaranya sangat meriah dan suasana didalam sangat ramai karena hampir semua peserta sangat antusian mendenganrkan tokok-tokoh nasional yang sedang berbicara dan sangat menginspirasi.

Dalam hal ini saya berpikir kepada mereka yang sangat fanatic kepada artis idolanya, apapun mereka lakukan demi melihat idolanya performance secara live. Mereka sangat antusias dunia akherat, kenapa antusias dunia akherat? Bayangkan bukan hanya waktu saja yang mereka korbankan, bukan hanya uang jajan saja yang mereka korbankan tapi ibadah yang sejatinya adalah hal yang wajib bagi kita, bisa terkalahkan hanya ingin antri masuk pas mau lihat artis idolanya (sama persis yang saya alami). Tidak sampai disitu barangkali ada yang berani meninggalkan ibadahnya demi ikut antri dan nonton artis idolanya (mungkinJ). Namun demikian pemandangan dimushola rektorat sudah memberikan gambaran kepada saya bahwa masih ada orang-orang yang tetap menjalankan ibadahnya meski dalam kondisi tempat ibadah atau musholanya terlalu sesak bahkan ada yang memanfaatkan lobi untuk sholat.

Akhir cerita ini bagi mereka yang fanatic kepada artis idolanya coba anda pikirkan lagi apa motif anda menjadi fanatic, dan apa untungnya bagi anda? Jika itu hanya masalah suka atau tidak suka tetap gunakan logika anda, karena menurut saya orang yang fanatic sudah mengesampingkan logikanya, mereka sampai histeris cuma mau ketemu artis idolanya, itu kenapa???  Tapi itu hak anda. Dan sebagai penutup jadilah fans yang bijak J.
Suasana antrian saat open gates mata najwa on satge UNS