Sabtu, 28 Juni 2014

Catatan Ramadhan #2


Sore ini langit sore mulai hujan, padahal sebelumnya langit nampak cerah, cahaya matahari sebelumnya juga sangat cerah memancarkan sinarnya. Hujan sore ini bisa dibilang adalah hujan pertama di bulan ramadhan tahun ini, tentu untuk yang berkeyakinan bahwa awal ramadhan jatuh pada hari ini sabtu 28 juni 2014. Saya salah satu diantara banyak warga Indonesia yang mengawali puasa pada hari sabtu 28 juni 2014 ini.

Kali ini seperti biasa setiap weekend saya biasanya sudah di rumah, namun kali ini Tuhan berkata lain, Tuhan telah menurunkan berkahnya dengan menurunkan hujan pada awal ramadhan ini hingga membuatkanku tertahan di solo. Dari pada hanya bengong dan melamun sambil menunggu maghrib (bahasanya kerennya ngabuburit) saya lebih suka untuk menulis di blog. Entah apa yang akan saya tulis kali ini, karena selepas shubuh tadi pagi saya juga melakukan hal yang sama, yaitu ngeblog.

Tidak ada yang terlintas dalam pikiranku saat menulis ini, aku hanya mencoba untuk memunculkan kembali tentang apa yang ingin aku tulis. Namun di selimuti kedinginan setelah hujan aku coba menyalakan computer dan menulis kata demi kata yang belum tahu kemana arah tulisan ini.

Saat itu yang ada di dalam otakku adalah awal puasa yang tak biasa, seharian ini aku tidak banyak melakukan kegiatan apapun kecuali hanya menonton film serta menulis di blog ini. tidak heran jika sudah hampir jam 5 sore aku masih merasakan bahwa tubuh ini tidak merasakan rasa lemas sama sekali. Puasa hanya menahan lapar dan haus bukanlah hal yang sulit untuk saya lakukan, mengingat usia yang sudah beranjak dewasa. Puasa mengendalikan diri dari mulai mata, telinga, mulut, syahwat dan pikiran adalah puasa yang sebenar-benarnya berpuasa untuk mencapai derajad taqwa.

Masalah yang pernah aku dengar dari celutukan orang adalah menghormati yang berpuasa, kata itu sering saya dengar dengan kata atau anjuran untuk menghormati orang yang berpuasa. Orang berpuasa saya kira tidak akan ada yang mengemis untuk di hormati semacam itu, justru sebaliknya kita orang-orang yang sedang berpuasalah yang menghormati orang lain yang tidak berpuasa. Tidak berpuasa pada bulan ramadhan bukan berarti mereka bukan orang islam, bisa saja mereka adalah orang islam namun karena ada halangan sehingga boleh untuk tidak berpuasa dengan alasan yang dibenarkan menurut islam tentunya. Misalnya wanita yang sedang datang bulan, orang yang sedang berusia lanjut, kemudian karena suatu penyakit atau masalah kesehatan jika berpuasa di khawatirkan akan membuat kesehatan malah menjadi semakn buruk.  

Selain itu kita juga menghormati penganut agama lain yang tidak berpuasa, karena berpuasa pada bulan ramdhan adalah kewajiban kita sebagai umat islam. Daripada kita mengemis untuk dihormati alangkah baiknya kita yang menghormati mereka-mereka yang tidak berpuasa. Berpuasa adalah ibadah, apakah masuk akal hanya gara-gara melihat orang makan kemudian kamu terpengaruh untuk makan. Bisa saja itu terjadi, namun itu hanya terjadi pada anak-anak kecil yang baru belajar berpuasa, jika ada orang dewasa yang begitu, mungkin dia juga bisa dikatakan baru belajar berpuasa hingga godaan kecil seperti itu saja bisa tergoda untuk membatalkan puasa.  

Tulisan mengenai saling menghormati baik yang berpuasa dan tidak berpuasa sebenarnya sudah pernah saya tulis satu tahun yang lalu, tulisan yang juga saya posting di blog ini juga saya beri judul “saling (menuntut) menghormati” kalo tidak salah. Berikut link nya http://kangriki.blogspot.com/2013/07/saling-menuntut-menghormati.html

Akhir catatan, karena waktu sudah mendekati jam berbuka puasa untuk wilayah solo dan sekitarnya, saya cukupkan saja tulisan ini, pada intinya adalah sebagai umat muslim yang sedang berpuasa pada bulan ramdhan, puasa pada bulan ramadhan adalah suatu kewajiban untuk mencapai derajat taqwa, tidak perlulah mengemis untuk mengormati orang yangsedang berpuasa, namun kitalah yang harus menghormati mereka yang tidak berpuasa, entah itu sesama umat muslim yang sedang tidak berpuasa ataupun umat dari penganut agama lain.


Akhir kata, selamat berbuka puasa bagi yang menjalankan puasa J

1 Ramadhan 1435H