Minggu, 07 Desember 2014

Pazzel Kehidupan

Berbicara tentang hidup, hidup ini adalah kumpulan harapan-harapan. Seperti halnya permainanan pazzel, hidup terdiri dari pecahan-pecahan harapan yang ketika digabungkan menjadi satu akan menjadi sebuah bentuk tertentu, itulah yang di namakan dengan tujuam hidup. Setiap orang memiliki bentuk atau tujuan hidup yang berbeda-beda. Dan mungkin ada juga beberapa orang di dunia ini masih bingung, atau tidak tahu, bentuk akhir dari pazzel kehidupan apa yang ingin ia bentuk.

Harapana-harapan itu lah yang akan menjadikan kita bersemangat dalam menjalani hidup yang penuh ketidakpastian ini. Namun perlu diketahui bahwa apakah harapan-harapan yang ingin kita capai hingga mencapai bentuk yang kita inginkan, bentuk yang menjadi tujuan hidup kita dapat tercapai? Tentu saja tidak semua apa yang kita inginkan dapat tercapai dengan begitu mudah, semua perjuangan yang kita lakukan terkadang harus terbayar dengan kegagalan.

Jika semua harapan-harapan yang menjadi pecahan pazzel kehidupan kita tidak semua tercapai, kemudian bukankah hasil akhir dari pazzel itu akan nampak tak beraturan? Tentu saja tidak demikian, karena di saat seperti itulah Tuhan mulai ikut campur agar pazzel kehidupan yang tak beraturan itu menjadi rapi dan  nampak jauh lebih indah dari pazzel kehidupan yang sudah kita rencanakan. Tentu hanya orang-orang yag selalu melibatkan Tuhan dalam hidupnya lah yang menyadari hal ini.


Sedangkan kamu? Maaf aku sengaja memasukan dirimu sebagai bagian dari pazzel kehidupanku. Entah apa yang akan terjadi kelak. Aku hanya bisa terus berdoa dan segera mengupayakannya. Jika suatu hari nanti satu persatu apa yang menjadi pazzel dalam kehidupanku telah tersusun, mau kah engkau melengkapi pazzel kehidupanku agar menjadi sempurna?