Kamis, 01 Januari 2015

Lingkungan baru

Berada di lingkungan baru membuat kita harus pandai-pandai untuk menyesuaikan diri. Karena disaat seperti itulah kita harus benar-benar menggunakan kemampuan social kita untuk beradaptasi di lingkungan baru. Lingkungan yang sebelumnya belum pernah kita temui, lingkungan yang berisi oleh orang-orang yang memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Baik itu perbedaan agama, suku, social ekonomi, serta perbedaan kepentingan. Karena perbedaan-perbedaan itulah yang membuat kita memiliki perbedaan dalam hal sudut pandang.  Setiap orang juga memiliki kaca mata yang berbeda-beda dalam melihat sesuatu. Hal itu dikarenakan setiap orang memawa pengalaman hidupnya masing-masing.

Berada di lingkungan baru juga membuat kita harus berkenalan dengan satu sama lain agar keakraban segera terjalin. Dan disaat berkenalan dengan teman-teman baru itulah kita akan mendapatkan informasi yang berbeda-beda tentang seseorang. Tentu ini terjadi karena setiap orang membawa kaca mata yang berbeda-beda. Perbedaan informasi tentang seseorang, yang terkadang informasi antara orang yang satu dengan yang lain sangat bertentangan tak lantas membuat kita harus bersikap was-was atau tidak mudah percaya dengan omongan orang. Biarkan waktu yang akan menjawab tentang keraguan kita. Tugas kita adalah bersatu dan menjadi bagian dari mereka. Tentang informasi mana yang benar mengenai seseorang, itu hanya masalah waktu. Di saat orang-orang mengatakan keburukan tentang seseorang, di lain pihak ada yang mengatakan kebaikan orang tersebut, tak perlu bingung mana yang harus kamu percaya. Karena bukan informasi tentang kebenaran yang kamu butuhan. Berada di lingkungan baru, pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk dan menjadi bagian dari orang-orang di lingkungan baru tersebut.

Semua hanya masalah waktu, ketika kamu sudah menjadi bagian dari mereka, lambat laun kamu sendiri yang bisa menilai tentang kebenaran informasi mengenai seseorang tersebut. Namun usahakan untuk tetap obyketif dalam menilai sseorang. Dengan sendirinya kamu akan mengetahui apa yang sebenarnya terjadi, dan mengapa bisa terjadi penilaian terhadap seseorang tersebut.

Tidak perlu takut untuk masuk ke dalam lingkungan yang sebelumnya belum pernah kamu ketahui atau belum kmu kenal sebelumnya, asalkan masih tetap bisa beromunikasi dengan bahasa yang bisa dimengerti satu dengan yang lainnya, maka kamu akan dengan mudah masuk dan menjadi bagian dari mereka.

Aku juga tidak bisa memungkiri ada orang yang enggan untuk masuk ke dalam lingkungan yang baru. Kebanyakan mereka beralasan sudah terlanjur nyaman dengan lingkungan saat ini, entah itu dengan orang-orangnya, budaya, maupun kondisi geografisnya. Namun hidup pilihan, kita yang yang milih dan kita juga yang akan menjalani, bukan orang lain!

Padahal jika kita mau memberanikan diri ke luar dari lingkungan kita saat ini dan mencoba untuk masuk dengan lingkungan yang baru, itu artinya kita mencoba untuk menciptakan tempat baru yang bisa membuat kita nyaman seperti lingkungan saat ini yang telah membuat kita nyaman. Kita juga akan beradaptasi dengan orang-orang baru, itu artinya kita akan memiliki relasi yang banyak pula.

Sekalilagi hidup adalah pilihan, ingin tetap berada di lingkungan saat ini yang telah menawarkan segala kenyamanannya, atau memberanikan diri untuk keluar dan menciptakan kenyaman-kenyaman baru di tempat yang berbeda, dengan begitu kita akan banyak memiliki relasi dan berkomunikasi dengan banyak orang, serta mudah beradaptasi dengan lingkungan yang baru, karena dunia ini tidaklah konstan, kita harus siap dengan segala ketidakpastian, dan siap menerima hal-hal yan tak terduga.


Silakan memilih!