Sabtu, 02 Januari 2016

Wajah Baru Kota Boyolali

WAJAH BARU KOTA BOYOLALI. Aku kemaren mendapat kabar bahwa di Boyolali ada siaran langsung di Metro Tv sebagai bagian dari acara penyambutan tahun baru 2016. Namun aku baru saja menontonnya via youtube. Jadilah kota yang terkenal dengan susu-nya itu, sekarang bukan hanya soto seger mbok giyem saja yang perlu Anda ketahui. Namun juga dengan wajah barunya kota Boyolali saat ini.

Gedung-gedung pemerintahan yang sudah diboyong ke kompleks kabupaten baru. Kompleks kabupaten yang terpadu dengan kantor-kantor dinas lainnya. Dan hampir semua gedung di sana dibuat mirip dengan gedung-gedung yang berada di Jakarta, seperti gedung DPR, Kantor Bupati yang dibuat seperti gedung istana. Dan yang membuat saya senang adalah, nuansa pluralism juga terlihat dengan dibangunnya tempat-tempat ibadah, baik Masjid, Pura, Gereja Katolik dan Gereja Kristen, yang sengaja dibuat berjejeran. Selain itu, ada patung yang baru saja rampung pembangunan, patung sapi raksasa yang berada di dekat alun-alun itu, beberapa hari terakhir menjadi magnet bagi masyarakat untuk berfoto selfie.

Kompleks kabupaten yang terpadu dengan gedung-gedung pemerintahan lainnya, sekarang seperti menjadi magnet bagi masyarakat. Hampir setiap sore di kabupaten baru tersebut sudah ramai oleh masyarakat Boyolali. Dan jalan menuju ke kompleks kabupaten baru, mengingatkanku pada boulevard di UNS. Dan Boulevard itu diberi nama Boulevard Soekarno, karena di sana ada patung Soekarno yang menyambut kedatangan Anda ketika masuk ke area kompleks Kabupaten baru. Dan Boulevard itu dulu di resmikan langsung oleh Presiden RI saat ini, Bapak Jokowi.

Selain itu semua, Boyolai juga baru saja selesai “merias wajahnya” dengan rampungnya pembangunan simpang lima di Boyolali kota. Simpang lima dengan patung kuda yang juga menjadi magnet bagi masyarakat, apalagi kalau tidak cekrak-cekrik berfoto selfie.

Dalam acara sentilan-sentilun yang dipandu oleh Butet dan Ki Baguse Narso itu, juga menyinggung tentang peluang kerja di Boyolali. Dibukanya peluang investasi di Boyolali, membuat banyak industri baru bermunculan, terutama industri garmen. Sebut saja Pan Brother, PSS, BSGI, Thun Hong, Cartini, Andalan dan yang baru-baru ini di resmikan oleh Menteri Perindustrian adalah ESGI yang berada di pinggir kota Boyolali, Sambi dan Klego. Sebenarnya masih banyak lagi, namun aku sedang sibuk untuk mengabsennya satu persatu.

Banyaknya peluang kerja, sampai-sampai menimbulkan permasalahan baru, ketika jumlah peluang kerja jauh lebih besar daripada jumlah pencari kerja. Dan lagi-lagi saya yang berkarir di dunia HRD begitu merasakan betapa saya harus bekerja jauh lebih keras untuk bersaing mendapat SDM dengan perusahaan-perusahaan tetangga.

 Di saat pengangguran menjadi pokok persoalan bagi daerah lain, di Boyolai kebutuhan SDM menjadi persoalan tersendiri bagi Dinas Ketenagakerjaan, padahal dari dinas ketenagakerjaan sudah mendirikan Balai Pelatihan Kerja.

Mumpung masih dalam suasana tahun baru. Semoga di tahun mendatang, ditengah sulitnya mencari SDM, tidak membuatku kesulitan dalam mencari jodoh. Amin J

 Berikut link video youtube sentilan sentilun spesial tahun baru 2016 yang live Boyolali:
 https://www.youtube.com/watch?v=Ho2EBm7ICWs