Minggu, 19 Juni 2016

Adil Sejak Dari Postingan

Pagi-pagi kawan saya Johan Hariyanto sms saya, bahwa ada tulisan yang harus saya edit. Kemudian waktu saya buka, ternyata tulisan tersebut adalah tulisan tentang kehidupan saya. Hanya membaca sekilas, saya langsung mempublikasikan tulisan itu. Alasan saya sederhana, itu tulisan tentang saya. Saya sangat paham dengan kawan saya. Mungkin dia menyuruh saya untuk menyamarkan nama tokohnya atau menghapus beberapa yang menurut saya tidak sesuai, atau ada hal-hal yang tidak berkenan bagi saya untuk dipublikasikan. Namun, bagi saya itu justru tidak adil. Toh, jika saya menyamarkan nama tokoh, gambar ilustrasinya saja sudah jelas itu foto saya (untuk masalah gambar ilustrasinya, saya akan menuliskannya saja, kalau sempet lho ya)

Sebenarnya saya bisa saja, menghapus tulisan itu, atau mengeditnya dengan nama samaran, atau mengedit beberapa tulisan dengan menambahkan fitnah-fitnah kecil tentang segala hal yang berisi kebaikan-kebaikan tentang saya. Namun, sekali lagi, itu tidak adil, dan itu tidak akan saya lakukan. Tulisan yang jujur dari kawan saya ini membuat saya sedikit bungah, setidaknya kawan saya sudah mulai posting lagi setelah mengganti status bujangnya dengan status menikah dan sedang mempersiapkan diri sebagai Bapak.

Tulisan yang apik, dari Johan yang ia beri judul "Cinta Kasih Tak Memilih" berusaha untuk mengkaitkan makna sebuah lagu dengan kehidupan seseorang. Sebuah lagu dari letto yang berjudul “kasih tak memilih” adalah lagu yang sarat makna. Hampir setiap lagu-lagu yang diciptakan oleh band asal Jogja yang kini memilih jalur indie itu semua sarat makna. Bahkan, makna dari sebuah lagu dari letto sangat mendalam, bukan hanya berkisah tentang percintaan, namun lebih dari itu, juga tentang hubungan manusia dengan Tuhan.

Saya mengucapkan terima kasih kepada kawan saya, Johan Hariyanto yang telah membuat tulisan yang apik. Mungkin ini adalah balasan untuk saya yang sudah beberapa kali mengutip kisah hidupnya untuk melengkapi tulisan saya.


*Berikut link tulisan Johan yang diposting di lobimesen.com
http://www.lobimesen.com/2016/06/cinta-kasih-tak-memilih.html