Selasa, 21 Februari 2017

Soundtrack Suasana Hati


Seperti halnya sebuah film, akan selalu ada soundtrack yang mengiringi dengan lantunan lagu sepanjang film tersebut diputar.

Dalam kehidupan seseorang, hal itu bisa saja terjadi. Setiap orang seakan memiliki sebuah lagu, baik lagu lawas ataupun lagu baru sebagai soundtrack atas suasana hatinya.

Tidak percaya? Saya akan menceritakan beberapa sahabat saya, yang dalam suasana hati tertentu, ia memiliki lagu favorit yang akan terus diputar berulang-ulang dan dijadikan playlist tunggal di aplikasi pemutar musiknya.

Panjul, teman saya yang sedikit bajingan itu, pernah meminta saya untuk mencari judul lagu dengan mengirim pesan rekaman suara yang ia dengar, kemudian ia rekam di saat ia berada di sebuah kafe dengan konsep wedangan. Lagu yang berjudul mantan terindah yang dinyanyikan oleh Raisa dijadikan soundtrack untuk mengiringi suasana hatinya yang sedang gundah, kala tau mantannya mengirim undangan pernikahannya.

Lain Panjul, lain pula dengan Sahabat saya yang sedikit gapleki itu. Sahabat saya juga pernah dirundung derita karena asmara. Derita asmara bukan hanya mampu menyelesaikan skripsinya, tapi juga mampu melemparkan hatinya pada pelabuhan terakhirnya.

Ketika ia sedang kasmaran dengan seseorang yang kini menjadi istrinya. Sebuah lagu yang abege yang lagi ngehitz pakai "z" pada saat itu, yang dinyanyikan oleh putra Ahmad Dhani, berjudul Kurayu Bidadari. Lagu itu ia dengarkan berulang-ulang sebagai playlist tunggal baik di laptop maupun handphone-nya. Bahkan, menjelang tidur pun, ia sumpal di telinganya dengan headset dan menjadikan lagu tersebut sebagai pengantar tidur.

Ketika melihat sikap sahabat saya itu, saya lega, karena ia sedang dirundung cinta. Artinya dia akan baik-baik saja.

Dan baru-baru ini, sebuah lagu yang berjudul Dia yang dinyanyikan oleh Anji, menjadi sebuah lagu favorit tokoh kita kali ini. Mungkin tokoh kita kali ini sedang jatuh cinta. Jatuh cinta pada siapa? Jatuh cinta pada embuh :-)